Saturday 9 April 2016

Objek Wisata Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta


Gapura Pantai Sundak 

Sobat petualang pasti sudah tahu, bahwa kota Yogyakarta selain terkenal sebagai kota Gudeg yaitu makanan khas Yogyakarta, ternyata juga memiliki tempat-tempat wisata pantai yang menarik seperti Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Parangtritis. Namun di artikel ini saya akan mencerikan Objek Wisata Pantai Sundak. Jika sobat sudah pernah berkunjung ke Pantai Parangtritis maka tidak ada salahnya giliran mencoba objek wisata pantai yang satu ini.

Pantai Sundak

Lokasi objek wisata Pantai Sundak ini berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya pada wilayah Desa Sidoharjo, di Kecamatan Tepus. Bagi anda yang memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju objek wisata ini maka diperlukan waktu sekitar 2-4 jam untuk sampai ke Pantai Sundak. Perjalanan menuju Pantai Sundak bisa sobat tempuh dengan mengendarai kendaraan pribadi lho. Apabila sobat berangkat dari kota Yogyakarta maka anda akan melewati wilayah Wonosari kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Lebih mantap lagi selama perjalanan pun sobat akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menarik dan penuh eksotis.



Map Pantai Sundak

Yang tidak kalah menariknya di Pantai Sundak ini ada sebuah wahana yang sangat harus dicoba oleh sobat adventure yaitu Snorkling. Dengan menyewa kacamata renang atau alat untuk Snorkling sekitar Rp. 15.000an sobat sudah bisa menikmati keindahan habitat hewan bawah laut didataran dangkal didaerah tersebut. Serta disana jika sobat ingin menggunakan pelampung untuk lebih leluasa dalam menjelajahi kehidupan dibawah laut, disana juga ada kok penyewaan pelambung.


Snorkling
Snorkling

Untuk tempat parkiran kendaraan sobat bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang cukup luas. Jarak antara tempat parkir ini dengan pantai hanya sekitar 40 meter saja. Pantai ini terkenal akan keindahan pasir pantai putih serta airnya yang bersih dan bening. Sayangnya, sobat tidak bisa berenang di laut ketika malam hari, karena ombaknya sangat besar. Namun, anda masih bisa berjalan-jalan dan bermain air di bibir pantai sambil menikmati keindahan yang disuguhkan.

Inilah yang ditunggu-tunggu oleh sobat adventure yaitu ketika waktu Senja. Yang mana di sekitaran objek wisata tersebut akan terlihat batu-batu karang kecil dan bebatuan karang besar yang menjadi batas antara Sundak dengan pantai-pantai yang lain. Apabila anda ingin menginap di tempat ini maka anda perlu membawa peralatan menginap sendiri seperti tenda karena di area objek wisata Sundak belum ada fasilitas penginapan seperti hotel. Fasilitas yang ada di area ini adalah warung-warung makan serta gubuk-gubuk kecil yang disewakan oleh penduduk lokal di mana para wisatawan yang datang berkunjung bisa berteduh sambil menikmati keindahan alam yang ada dari pinggir pantai.

Waktu Senja Pantai Sundak
Waktu Senja Pantai Sundak
Bagi sobat yang ingin berkemah di pantai ini bisa lho. Disana ada tempat untuk menyewa gubuk-gubuk kecil atau kita bisa mendirikan tenda sendiri lho bahkan para pengunjung bisa membayar seikhlasnya saja. Bagi sobat yang beragama Islam tidak perlu khawatir sebab di Pantai Sundak Gunung Kidul ini juga terdapat fasilitas tempat ibadah yang bisa digunakan.

Sampai jumpa kembali sobat Adventure. Semoga artikel mengenai Objek Wisata Pantai Sundak Gunung Kidul Yogyakarta ini bisa bermanfa'at.